-->

Learning 4.0


“Education is the passport to the future, for tomorrow belongs to those who prepare for it today.” – Malcolm X.


Pembelajaran 4.0
Merespon
Era Revolusi Industri 4.0


Kemenristekdikti perlu melakukan respon terhadap Isu Strategis  seperti Revolusi Industri 4.0, dimana digitalisasi menjadi kuncinya, yang akan mendisrupsi banyak aktivitas ekonomi yang ada. Revolusi Industri 4.0 berjalan secara eksponensial. Kemungkinan miliaran manusia akan terhubung mobile devices, dengan kemampuan dan kekuatan untuk memproses, menyimpan, dan mengakses pengetahuan melalui internet, sangat tidak terbatas. Luasan serta kedalaman dampak perubahan telah, sedang, dan akan mentransformasi sistem produksi, manajemen, serta tata kelola pemerintahan.
Keahlian Umum Yang Diperlukan
  1. Teknologi informasi
  2. Kepemimpinan dan social skills
  3. Learning skills
  4. Kemampuan berkomunikasi melalui banyak link, publicrelation, public speaking.
Mendukung pembelajaran revolusioner, dosen tidak akan cukup hanya dengan mengajarkan konsep dan implementasinya, tetapi harus berdasarkan pada masalah dsrupsi, nalar, dan kepribadian. Hal tersebut adalah landasan penting bagi mahasiswa untuk mengenali potensi diri dan keadaan yang akan dihadapinya dalam era sekarang, sehingga timbul pikiran-pikiran kritis untuk menciptakan inovasi baru.




U Theory by Otto Schramer



Apa yang telah kita lakukan saat ini lebih banyak spontan tanpa memikirkan dampaknya, atau lebih banyak bereaksi tanpa membuka pikiran, membuka hati, dan membuka keinginan. Keinginan yang lebih baik diwujudkan melalui sebuah proses, bisa berproses lebih cepat tapi tahapan harus tetap dilalui.
to be continued.. 

@soffan
 


0 Response to "Learning 4.0"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Post Page Advertisement [Top]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel