NIlai C itu lebih dekat dengan CUMLAUDE


Cum Laude (berasal dari Bahasa Latin yang berarti dengan pujian) adalah predikat yang diberikan pada ujian di perguruan tinggi. [1] Ada beberapa predikat yang termasuk ke dalam Cum Laude seperti magna cum laude yang berarti lulus dengan banyak pujian dan summa cum laude yang artinya lulus dengan pujian terbanyak.(wikipedia.org).

yayaya... dengan pujian. lalu apa yang salah dengan predikat "C"

 

 Semangat Ketua Jurusan Bersalaman dengan Prof. Dr. Ing Mulyadi Bur

Nilai "C" dirasa Cukup itu bentuknya, tapi maknanya tersirat banyak hal. Momok "C" kadang terasa gatal dan menakutkan apa itu nilai saya??, pasti melintas di benak siapapun yang pernah dinilai dalam perkuliahan misalnya. Nilai "C" seperti rantai Carbon sangat sulit di urai, tapi dapat menyala jika disulut, begitulah dan dapat menyaring seperti itulah....

Mmmmm... Nilai memang suatu ukuran...
Bagaimana kalau "C" itu kita anggap "A".. weleh tambah ngawur... 
diperjelas lagi  “Akreditasi A” tulisnya, atau “Terakreditasi oleh BAN-PT”. tambah ngguyu...

Oke Kita Bahas..

Bahasa gaulnya Q n A..

Question:

  1. Benarkan klo lulus di PTS yg Akreditasinya C susah cari kerja?
  2. Benarkah semua perusahaan hanya menerima orang2 yg lulusan dari Universitas relevan?
  3. Benarkan yg hanya lulusan dari PTS kalah saingan dengan lulusan PTN terakreditasi (Bagian Jabatan dlm perusahaan/pekerjaan)?
Answer :
  1. untuk pns, akreditasi tdk pengaruh, yg dilihat ipk dan hasil test
  2. biasanya emang udah kerja sama dgn univ nya gan
  3. kagak, sekarang nilai dan akreditasi cuma mengantar sampai interview, nanti kalo test, yg berpengaruh adalah skill dan kepribadian
  4. kan banyak mahasiswa yg nilainya bagus, tp skillnya tdk dpt dipertanggung jawabkan, atau nilai bagus tapi kelakuannya kurang sopan. (case study: QnA KAskus)
Hasil peringkat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT ini penting diketahui saat akan memilih perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Jurusan atau satuan pendidikan yang terakreditasi merupakan salah satu syarat mengeluarkan sertifikat atau ijazah. Ini berdasarkan mandat dari UU Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wewenang BAN-PT sebagai lembaga independen yang mengeluarkan akreditasi mulai diemban sejak 1994. Ini berlandaskan UU UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan diperkuat dengan PP No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.
BAN-PT merupakan satu-satunya badan akreditasi yang diakui pemerintah. Adapun wewenang BAN-PT adalah melaksanakan sistem akreditasi pada semua institusi pendidikan tinggi meliputi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), program pendidikan jarak jauh, serta program-program kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di dalam negeri yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar.
 

 Proses Akreditasinya..

  

Foto Bersama TIM Borang Fakultas, Prodi, dan Assesor 

Tanggal 25-27 Juli BAN-PT Mengutus Prof. Dr Ing Mulyadi Bur sebagai Assesor I dan Dr. Zainur Rofiq, M.Pd sebagai Assesor II, Prof Bur dari Universitas Andalas Kota Padang, Sumatera Barat dan Dr Zainur Rofiq dari Universitas Negeri Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Jawa Tengah. Assesor II adalah guru ilmu dari sebagian dosen prodi PTM. Proses assesment lapangan (AL) pada tanggal 25 - 27 Juli 2018 dimulai dengan AL borang Fakultas Buku 3B pada sore harinya, prosesnya sangat professional dan detail tekait point yang sudah dinilai oleh kedua assesor dan mengkonfirmasi keseluruhan kelengkapan dokumen dan pendukungnya. Esok Harinya tanggal 26 Juli 2018 dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 21.30 proses yang sangat melelahkan, banyak koreksi yang [rodi dapatkan atas saran dan rekomendasi dari Assesor I dan II, saran yang sangat membangun dan memotivasi prodi kedepan.

Tepat pada tanggal 12 september 2018 hari Rabu Pukul 13.12 penetapan hasil Al telah keluar dengan Nomor Sk 2557/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2018, Status Terakreditasi dengan Peringkat "C" nilai akumulatif Al 280 ditetapkan oleh dewan Executive BAN-PT. 

Nilai sebuah akreditasi adalah kesiapan dokumen dan bukti fisik, kesesuaian data, kelengkapan data sesuai dengan Buku 3A prodi. Konfirmasi dan afirmasi data dilakukan pada saat AL, kelengkapan dokumen, kelengkapan sarana dan prasarana akan masuk dalam penilaian faktual assesor. Konfirmasi dan afirmasi dilakukan jika ada ketidakcocokan, temuan baru baik yang menambah atau mengurangi nilai AL. Afirmasi akan dilakukan jika ada tambahan atau revisi yang diilakukan prodi terkait data dan dokumen, itu akan menjadi nilai tambah dari proses AL itu sendiri. 

Kriteria penilaian untuk akreditasi lembaga, antara lain:
  1. Izin penyelenggaraan pendidikan tinggi
  2. Persyaratan dan kelayakan penyelenggaraan pendidikan tinggi
  3. Relevansi penyelenggaraaan program pendidikan dengan pembangunan
  4. Kinerja perguruan tinggi
  5. Efisiensi pengelolaan perguruan tinggi
Sedangkan kriteria penilaian untuk akreditasi program studi antara lain:
  1. Identitas
  2. Izin penyelenggaraan program studi
  3. Kesesuaian penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-udangan
  4. Relevansi penyelenggaraan program studi
  5. Sarana dan prasarana
  6. Efisiensi penyelenggaraan program studi
  7. Produktivitas program studi
  8. Mutu lulusan
Klasifikasi penilaian untuk semua kriteria tersebut ditentukan oleh tiga  aspek, yaitu mutu (bobot 50%), efisiensi (25%), dan relevansi (25%). 

@soffan





Posting Komentar

2 Komentar

  1. C tetep C, yg bisa merubah C jd B atau A siapa? BAN PT.melalui apa? Reakreditasi.yuk siapkan semangat untuk Reakreditasi

    BalasHapus
  2. ayo semangat reakreditasi..

    BalasHapus