Singkatan (Command Alias), dan Fungsinya Yang Sering Digunakan

Berikut ini adalah Daftar Command AutoCAD yang paling sering digunakan ketika menggambar ataupun mengoperasikan AutoCAD, AutoCAD Map, maupun jenis AutoCAD lain. Saya menampilkan dalam bentuk daftar tabel untuk fungsinya, Command entry-nya, dan juga singkatannya (Command alias).

AutoCAD adalah software menggambar yang unik, karena salah satunya ada fitur untuk mengakses perintah-perintah penggambaran melalui sebuah command line. Setahu saya, fitur seperti ini tidak akan kita jumpai di software penggambaran lain seperti Photoshop atau CorelDRAW.

Command line pasti ada disemua versi AutoCAD. Dan saya yakin perusahaan pembuat software ini akan mempertahankan keberadaan command line di semua versi AutoCAD untuk memanjakan dan memudahkan pengguna lamanya.

Dengan adanya command line, pengguna AutoCAD tidak hanya bisa mengakses perintah AutoCAD melalui Toolbar ataupun Menu bar. Dengan demikian pengguna memiliki banyak pilihan dalam menggunakan perintah-perintah dalam mengoperasikan AutoCAD.

Saya pribadi kalau menggambar, biasanya tangan kiri standby pada keyboard untuk mengetikkan command-command entry. Sedangkan tangan kanan standby pada mouse untuk menggerakkan kursor dilayar penggambaran. Bagi saya kombinasi seperti ini menjadikan menggambar lebih efektif dan menyenangkan.

Menggunakan AutoCAD command untuk menggambar, sebenarnya ada kekurangannya. Kita harus hafal command entry-nya barus bisa menggambar. Tetapi kalau sudah hafal dan terbiasa menggunakan, maka proses menggambar bisa lebih cepat. Apalagi kalau sudah tahu keyboard shortcuts atau singkatan (AutoCAD command aliases) dari sebuah command entry, maka menggunakan AutoCAD bisa lebih asik.