Manajemen Perawatan Mesin

Selama Pertemuan Awal sampai dengan ujian Tengah semester Bab 1 sampai dengan Bab 6 peada materi di bab 6 tentang perawtana industri workshop. Tenaga kerja, material dan perawatan adalah bagian dari industri yang membutuhkan biaya cukup besar. Setiap mesin akan membutuhkan perawatan dan perbaikan meskipun telah dirancang dengan baik. Perbaikan sebaiknya dilakukan tanpa menganggu kegiatan produksi. Misalnya perbaikan mesin dilakukan pada saat tidak digunakan atau dengan pertimbangan bahwa pelaksanaan perbaikan tidak menganggu keseluruhan aktifitas produksi. Karena itu inspeksi pada umumnya dilakukan pada saat mesin tidak beroperasi.

Ada dua komponen penting dalam menjaga validitas alat atau mesin dalam insustri:
1. Depertemen Perawatan
2. Pekerja atau pengguna

Departemen perawatan pada umumnya berada di bawah pengawasan manajer pabrik, yang bertanggung jawab pula untuk program produksi.

Pekerja atau penguna yang menggunakan secara langsung alat atau mesin pada industri. Pekerja atau pengguna wajib menggunakan K3 dan peringatan penting yang ada pada mesin industri.

Gambar Contoh peringatan pada mesin

Setiap pengawas pada departemen perawatan harus bertanggung jawab terhadap aktifitas perawatan, inspeksi, perbaikan, overhaul dll. Pengawas adalah orang-orang yang berpengalaman dan mampu menentukan kapan waktu untuk inspeksi, overhaul dan sebagainya. Dalam mencapai keberhasilan program perawatan, banyak faktor penunjang yang perlu diadakan pada departemen perawatan. Dalam kaitan ini, keberadaan engineering sangat diperlukan untuk menyiapkan dan memberikan sistem pelayanan pada fungsi perawatan.

                                             Gambar Contoh kartu perawatan pada mesin

 SOP Pengoperasian Mesin Gerinda
instruksi perawatan 
 mesin dan dokumen

SOP Mesin Grinding

Tugas Departemen Perawatan

Pekerjaan perawatan ini mencakup perbaikan seluruh fasilitas pabrik agar dapat berfungsi dalam kondisi kerja yang semaksimal mungkin. Jadi tugas departemen perawatan adalah memberikan pelayanan teknik yang dibutuhkan untuk keselamatan pengoperasian pabrik.

Pada industri kecil, tugas perawatan dapat dilakukan oleh seorang operator yang kemampuannya terbatas dalam menangani pekerjaan perawatan tertentu. Khusus untuk tugas perawatan yang diluar kemampuannya dikerjakan oleh kontraktor.



kartu permintaan perbaikan

Silahkan perdalam kembali pada modul dari bab 3 - 6 dan apabila memungkinkan pahami bab  barikutnya bab 6 - 9

1. Silahkan bentuk kelompok diskusi
2. intrepretasikan modul engan contoh d atas
3. observasi pada bengkel ptm



Posting Komentar

0 Komentar